Ketika Anda Menjadi Public’s Enemy


Mungkin judul tersebut terlalu berlebihan.  Namun, dalam hidup ini, mungkin Anda pernah merasakan masa – masa dimana Anda merasa terpojok. Anda merasa bahwa semua orang di sekitar Anda memusuhi Anda. Rasanya tentu sangat tidak nyaman. Ketika Anda hanya seorang diri harus melawan sekumpulan orang – orang yang tidak menyukai Anda.

Pada dasarnya kita sebagai manusia biasa, yang tidak luput dari khilaf dan dosa.  Tentu saja kita tidak bisa membuat semua orang menyukai kita dan mau menerima kita apa adanya.  Rasulullah SAW yang begitu sungguh mulia saja, masih ada yang memusuhi, apalagi kita yang hanya manusia biasa.  Namun, tentunya kita dapat berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik lagi agar kita bisa diterima di suatu komunitas.

Berikut merupakan tips-tips yang bisa dijadikan sebagai bahan renungan bersama.

1. Introspeksi

Ketika Anda merasa tidak nyaman di suatu komunitas, sebelum Anda mencari-cari siapa oknum yang membuat Anda tidak nyaman, alangkah baiknya Anda bercermin terlebih dahulu.  Mungkin saja yang membuat oknum tersebut bersikap negatif terhadap Anda justru karena sikap Anda sendiri.

2. Cobalah untuk melihat dari sudut pandang orang lain

Seringkali ketika menghadapi suatu masalah, kita hanya memikirkan diri kita sendiri. Kita hanya melihat dari kacamata kita sendiri. Cobalah untuk mulai berempati kepada orang lain.  Cobalah untuk memosisikan diri kita sebagai orang lain. Bagaimana seandainya saya adalah orang itu. Jangan hanya mengedapankan ke’AKU’anku.  Kita terlahir sebagai makhluk sosial, jika kita ingin orang lain bersikap baik kepada kita, maka bersikap baik pula lah kepada orang lain. Apa yang kita tanam itulah yang kita tuai.

3. Ubah pola pikir Anda

Nyaman atau tidaknya kita di dalam suatu komunitas juga dapat dibangun dari mind set kita sendiri, ketika kita selalu berfikir bahwa ‘Saya merasa tidak nyaman di sini’, maka kita pun tidak akan pernah merasa nyaman.

4. Saling Memaafkan

Sebuah hadits mengatakan bahwa orang yang tidak mau memaafkan orang lain tidak akan masuk surga.  Sebesar apapun kesalahan seseorang kepada kita, cobalah untuk selalu berusaha memberikan maaf.  Kita pasti pernah berbuat salah. Ketika berbuat salah, kita tentu ingin dimaafkan. Begitu pun halnya orang lain.  Allah SWT saja Maha Pengampun, mengapa kita makhluk-Nya justru tidak bisa saling memafkan.

NB : Seandainya hal-hal di atas terkesan menggurui, saya mohon maaf sebelumnya.

Saya sama sekali tidak bermaksud menggurui atau istilahnya sok dewasa.

Semoga hal-hal di atas dapat bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan bersama.

2 Responses so far »

  1. 1

    Rvin said,

    Whaah… atas dasar apa nih tipsnya nongol??hhe…pengalaman y…

  2. 2

    miraayuningtyas said,

    iya,,ka,,

    maksa banget yaaa,,hehehe


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: