Memuliakan Tamu


Dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda : Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata baik atau diam, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tetangga dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya. (HR Bukhari-Muslim)

Kalau dipikir-pikir, kadang-kadang saya suka agak ANSOS alias anti sosial gitu, waktu ada temen bertamu ke kosan, saya malah asyik sendiri sama kesibukkan saya.  Saya baru sadar setelah denger cerita Bambang (TI 08). Dia bilang laporan praktikum DPTI dia terpaksa dikumpul walaupun belum selesai.  Laporannya belum selesai karena malem sebelum pengumpulan dia keiduran, dan baru bisa ngerjain subuh.  Dan di saat dia mau ngerjain, datenglah seorang tamu tak diundang.  Sekalipun tidak diundang, tamu itu tetaplah seorang tamu yang harus dimuliakan.  Maka dia tetap menerima tamu itu dan memuliakannya. Subhanallah!

Kalau saat itu saya di posisi Bambang, wah saya pasti udah langsung to the point ke tamunya.  Saya akan tetap menerima tamu itu, tapi saya pasti bakal prefer buat nggarap laporan DPTI yang mesti ditulis tangan dan panjangnya amit2 itu, bikin begadangan sampe jam 6 pagi.  So, tamunya didiemin deh. Yah, itulah jeleknya saya.

Saya tersentuh waktu denger cerita Bambang, ternyata di dunia ini masih ada orang seperti itu.  Semoga bisa jadi pelajaran buat saya untuk ke depannya.

3 Responses so far »

  1. 1

    aden said,

    ternyata info yang saya cari-cari ada disini..

    salam
    lirik lagu

  2. 2

    ratih KD said,

    penting banget lah si Bambang Trenggono

  3. 3

    miraayuningtyas said,

    hehe,,sak penak’e dhewe teh ngganti jenenge wong…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: