Bayi Raksasa (waw…waw…waw…)


Di Asahan, Sumatera Utara, baru saja dilahirkan seorang bayi super jumbo dengan berat 8,7 kg.  Bayi yang belum diberi nama ini merupakan putra dari Ibu Ani.  Bayi ini lahir melalui operasi caesar yang dilakukan di RS H. Abdul Manan Sumatera Utara.  Bayi raksasa ini mengalahkan bayi-bayi raksasa lainnya yang pernah dicatat dalam rekor MURI.  Bayi raksasa lainnya adalah Rezky dari Bogor.  Rezky dilahirkan dengan bobot 5,2 kg melalui persalinan normal.  Dalam waktu sehari bobotnya meningkat hingga 6 kg.  Di Indonesia, seorang bayi yang baru lahir dikategorikan sebagai bayi raksasa apabila bobotnya lebih dari 4 kg.

Faktor kelahiran bayi jumbo ini biasanya disebabkan karena sang ibu menderita diabetes melitus, ungkap dr. Tinuk Agung Meilany.  Oleh sebab itu, pasca-kelahiran, sebaiknya sang bayi segera diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui apakah bayi menderita hipoglukosa, yaitu kekurangan glukosa yang dapat berujung pada kematian, ataupun penyakit bayi kuning.  Kelahiran bayi raksasa dapat dihindari dengan cara memeriksakan kandungan secara rutin, mengonsumsi makanan yang bergizi selama mengandung, dan melakukan senam untuk ibu hamil.

NB : Jumbo-jumbo banget yaaa… mengingat saya terlahir ke dunia ini hanya dengan berat 2,1 kg. Hehehehe…. Kata bapak saya kaya tikus….saking kecilnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: