Sakit Perut Saat Datang Bulan?


Kenapa ya setiap datang bulan, selalu aja mules nggak karuan?

Apakah ini kutukan? Bukaaaan…bukaaaan…. Apakah karena keracunan? Bisa jadi kalo salah makan. Tapi, juga bukaaan…bukaaan….Lalu?

Hmmm….Kalo kata guru Biologi saya pas kelas XI SMA yang bernama Bu Sri Lestari (bukan nama samaran, bukan sodaranya BCL, apalagi Dewi Lestari), bisa jadi sakit perut saat datang bulan pada wanita yang belum menikah diakibatkan karena tipe selaput dara wanita itu sendiri.

Ada tiga tipe selaput dara wanita (yang Bu Sri sebutin) :

1. Tipe cincin   : Yang memiliki tipe yang satu ini beruntung banget nih, soalnya saat haid, wanita tersebut nggak ngalamin yang namanya sakit perut (baca:mules2) karena bentuk selaput daranya berbentuk cincin.  Darah yang keluar pun dapat keluar dengan lancar.

2. Tipe bulan sabit : Tipe yang satu ini hampir mirip sama kaya tipe cincin, darah yang keluar akan mengalir dengan relatif lancar. Jadi, wanita dengan tipe pembuluh darah ini juga nggak bakal begitu kesakitan.

3. Tipe ayakan  : Wanita dengan tipe ini nih yang malang.  Bentuk selaput daranya kayak saringan gitu, bolong2 kecil2, akibatnya darah yang keluar kayak lewat saringan.  Nggak begitu lancar dong jadinya.  Ya maka dari itu bakal nimbulin rasa mules2 nggak karuan. (saya kayaknya termasuk ke dalam tipe yang satu ini).

Nah, selain karena tipe selaput dara, katanya orang-orang si bisa disebabin karena adanya kista. Hal ini seperti yang dialami bulik saya. Beliau sampai guling2an sambil berlinang air mata bila datang bulan tiba.  Ini nih yang berbahaya dan patut diwaspadai.   Kalau yang akibat tipe selaput daranya sih,katanya nanti setelah menikah juga bakal sembuh sendiri.

Lalu gimana ya cara ngatasinnya?

Ada beberapa solusi sih:

1. Minum obat pereda rasa sakit, semacam feminax atau minum jamu kunyit gitu, atau yang praktis ya minum Kiranti. Kiranti loh bukan Miranti. (tapi, seumur hidup saya belum pernah minum Kiranti loh,curhat^^).

2. berolahraga, seperti senam, dll.  Tapi, nggak usah angkat barbel yaa, kayaknya nggak nyambung.

3. Ambil sebuah botol.  Terus isi botol tersebut dengan air hangat, lalu taruh botol itu pada perut Anda.  Lumayan bikin enakan.

4. Kalo mau yang pasti-pasti ya dateng aja ke ginekolog, biar lebih jelas penyebabnya dan pengobatannya.  Contonhya ya ke dr. Boyke

Setelah tulisan ini selesai ditulis pun, rasa sakit perut saya belum ilang.  Haduh.  Mana tiba-tiba lost connection lagi internetnya, yah mungkin besok baru diupload. Malah jadi semakin curhat begini.  Inilah derita wanita yang lagi PMS.

4 Responses so far »

  1. 1

    Hm, info yang bagus. Dapet dari mana nih…

    PMS apaan mi? Penyakit Menular S.??
    Kok..,,


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: