Maag-Diare-Keracunan Makanan?


(Ditulis disela-sela ngerjain tugas PKN dan belajar logprog)

Kamis,22 Oktober 2009

Jam 2an dini hari, aku masih terjaga.  Terjebak dengan tugas pendahuluan praktikum logprog.  Bikin 6 program yang menguras energi (karena ini bukan dunia yang saya minati).  Berjam-jam berkutat di depan laptop dengan tugas logprog yang menyusahkan, membuat aku semakin pusing dan mual.  Aku pikir, mungkin karena akhir-akhir ini aku telat makan dan sering minum kopi (terpaksa biar nggak tidur), jadinya maag-ku kambuh.  Dari kabar yang beredar, malam ini akan terjadi hujan meteor dalam rentang waktu jam 1 dini hari hingga subuh.  Menarik sekali, tetapi karena perhatianku tersita pada programku yang nggak beres-beres, aku pun hanya mengurung diri di dalam kamar, tidak tertarik untuk menengok langit malam.

Tiba-tiba pagi-pagi buta aku diare! Luar biasa, dampak ngerjain TP ternyata sebegini dahsyatnya.  Akhirnya aku pun memutuskan untuk tidur.  Berhubung lagi nggak sholat, jam 6 pagi aku baru beranjak dari tidurku yang terasa sangat singkat.  Bangun tidur yang langsung kulakukan adalah menulis pseudocode yang belum rampung.  Pagi ini seharusnya aku kuliah probstat jam 7, tapi dilihat dari kondisi fisikku, sepertinya sangat tidak memungkinkan.  Letih, lemas, lesu, lunglai, dan lebay.  Akhirnya, aku pun bolos Probstat. Nggak lama kemudian aku terpaksa bolak-balik kamar mandi gara-gara diare yang nggak bisa diajak kompromi.  Tapi, kali ini disertai muntah-muntah.  Dan aku nggak bisa makan apa pun karena setiap apa yang aku makan langsung keluar lagi.  Makin lemes.  Akhirnya, cuma bisa minum.  Aku pun menelan obat maag dan obat diare sekaligus (kombinasi yang unik).  Hari ini harus ke dokter! Huff, tapi takut.  Saya paling nggak suka ke dokter karena nanti harus minum obat…T_T

Responsi DPTI selesai jam 2 siang, dr. Salmiati deket kosan baru buka jam 4 sore, wah lama juga nunggu 2 jam.  Untung si Hasnah ngasih solusi bagus, yaitu pergi ke BMG, kenapa nggak kepikiran ya.  Dengan ditemenin Hasnah akhirnya aku meluncur ke BMG.  Ini untuk pertama kalinya dateng ke BMG sebagai pasien.  Waw, rame banget.  Isinya anak-anak ITB yang lagi pada sakit.  Ada anak elektro, anak matematika, juga anak TI(itu aku,^^).  Setelah nunggu hampir sejam lamanya, akhirnya dapet giliran masuk juga.  Yang meriksa dr. Sri namanya.  Wew, udah lama nunggu di luar, sekarang juga mesti nunggu si ibu ngoreksi surat.  Akhirnya setelah bengong beberapa saat, baru deh diperiksa.  Bu dokter bilang kalo aku keracunan makanan, makanya diare, akibatnya disertai rasa mual-mual dan muntah.  Terus aku iseng nanya, “kok bisa bu?Memangnya ada hubungannya diare dengan rasa mual?”  Si ibu bilang,”jelas ada dan bla….bla….bla….”  Wah, salah nanya nih. Pertanyaanku dijawab dengan sangat detail, jadi ngerasa lagi belajar biologi kayak jaman SMA. Udah gitu aku nimbrung lagi,”saya pikir saya maag, Bu.”  Si Ibu menjawab, jelas aja kamu lemah kalo lagi diare. Kamu kehilangan banyak cairan bla…bla…bla….” Jawabannya panjang lagi, tapi kali ini nggak matching sama pertanyaan, aku bilang ‘maag’, si Ibu nyambungnya ‘lemah’.  Aku berusaha ngejelasin lagi,”maksud saya, saya kira karena saya kena maag, Bu.”  Si Ibu salah nangkep (lagi), “Iya karena kamu kurang cairan, kamu jadi lemes, makanya kamu harus banyak minum bla….bla….bla…” Aku akhirnya iya-iya aja dengan pasrah.  Sebelum aku ninggalin ruangan, si Ibu bilang,”saya kalo diare mah nggak pernah berobat ke dokter, banyak-banyak minum aja.  Saya malah seneng, berat badan jadi turun.”  Waw, kasus pertama, jelas si ibu mah nggak perlu berobat ke dokter kalo kena diare, kan si ibu uda dokter, tahu obatnya.  Kasus kedua, nurunin berat badan, nggak nyangka si Ibu dokter bakal bilang begini,hehe…  Akhirnya ninggalin ruang periksa dengan penuh keheranan.

Akibat ke dokter, dapet banyak oleh-oleh, yaitu 4 obat yang harus diminum sekaligus bersamaan dan 3x sehari.  Plus oralit yang kayaknya nggak bakal aku sentuh,hehe….

Semoga cepet sembuh Mira…..Amiiin….^^

Leave a Reply

