Gading-Gading Ganesha (Part 1)


Selesai UTS rasanya plong banget!  Walopun UTS kali ini kerasa banget hancur-hancurannya. Huff… Saatnya refreshing,  akhirnya kesampean juga buat baca novel Gading-Gading Ganesha(3G).  Hehe…novel pinjeman dari Bambang.  Baru tahu ternyata yang ngarang 3G itu alumni Teknik Industri ITB (ngerasa bangga,hehe,,waduh,,arogansi jurusan nih,, =P), namanya Pak Dermawan Wibisono angkatan 1984.  Pantes aja, bau-bau TI di buku ini kerasa banget.  Ada teori Abraham Maslow nya, ada feasible, optimum juga ada. Wah,  walaupun sudah menginjak usia 40-an, tapi Pak Dermawan tetap bisa mengekspresikan tulisannya dalam semangat jiwa muda, sehingga bener-bener dapet feel ‘kisah mahasiswanya’.  Novel ini pun nggak menggurui, inspiratif, jenaka, dan tentunya cerdas berbobot.

Novel ini mengisahkan mengenai persahabatan enam anak muda yang berasal dari berbagai daerah, yaitu Slamet dari Trenggalek, Ria dari Padang, Gun Gun dari Ciamis, Fuad dari Surabaya, Benny dari Jakarta, dan Poltak dari Pematang Siantar.  Keenam sahabat itu dipertemukan di kampus Jalan Ganesha, Institut Teknologi Bandung.  Keenamnya berasal dari latar belakang budaya-sosial-ekonomi yang berbeda.  Perbedaan itu tidak menjadi penghalang persahabatan mereka, tetapi justru semakin menguatkan jalinan persahabatan mereka.  Berbagai suka-duka mereka lalui bersama, kejadian-kejadian lucu, seru, dan mengharukan, mulai dari kekonyolan khas mahasiswa, persaingan cinta, hingga penentangan rezim politik masa itu pun turut mewarnai kisah dala novel ini.  Hingga akhirnya mereka pun lulus dari ITB dan mulai merenda kehidupan di dunia kerja nyata yang sangat berbeda dengan kondisi kampus yang masih sarat akan idealisme.  Setelah bertahun-tahun akhirnya mereka bertemu kembali.  Masih adakah jalinan persahabatan itu di hati mereka? Apakah mereka dapat mewujudkan impian dan cita-cita luhur mereka?

Hehehe, kalo mau tahu kelanjutannya ya sok atuh dibaca buku 3G-nya.  Insya Allah nggak nyesel.  Segera pinjam novel ini ke rekan-rekan Anda!  Hehehe, kalo punya duit, jangan sungkan-sungkan untuk beli novel ini, mumpung lagi tanggal muda.  (Padahal saya sendiri dapet minjem,hehehe….)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: