Tahun 2010 Amerika Serikat Diprediksi akan Kekurangan 70.000 Engineer


Mungkin ini bisa jadi kabar baik bagi para engineer yang berniat untuk merantau di negeri Paman Sam.  Kok bisa?  Soalnya berdasarkan survey yang dilakukan oleh Departemen National Sciences-nya Amerika Serikat (AS) kepada anak-anak yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dan orang tua dari anak-anak tersebut, diperoleh fakta yang mengejutkan.  Hanya 30% korespondensi pria dan 10% korespondensi wanita yang menyatakan ingin melanjutkan studinya pada bidang engineer.  Waw, padahal di dunia yang semakin hi-tech ini, engineer memegang peranan yang cukup vital dalam berbagai lini kehidupan.  Iya kan? Hehe, ini sih mungkin dari kacamata mahasiswa dari jurusan teknik seperti saya.

Mungkin hasil survey ini menjadi semacam gambaran yang mengkhawatirkan bagi pemerintah AS. Namun, sebaliknya prediksi ini bisa jadi merupakan berita baik bagi para engineer dari negara-negara lain, terutama dari Asia untuk mencoba peruntungannya di negeri Paman Sam tersebut. Menjadi seorang engineer tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.  Nggak Cuma engineer sih,  bidang-bidang lain juga sama. Hehe, tapi harus diakui, ilmu yang dipelajari untuk menjadi seorang engineer bidang apa pun itu berat.  Belum lagi, pada kenyataannya seorang engineer dituntut menjadi seseorang yang ahli, tidak hanya secara teori, tetapi juga pada praktiknya.  Dan beberapa bidang tertentu berkaitan langsung dengan hajat hidup orang banyak.  Contohnya Civil engineer yang ngurusin pembuatan jembatan, gedung-gedung, dan bangunan-bangunan lainnya.  Wah, kebayang kan, kalau jembatannya nggak bener, terus roboh, bahaya banget kan. Nah, mungkin di mata anak-anak di AS sana, engineering dianggap sebagai ilmu yang berat dan kurang menyenangkan untuk ditekuni.  Akibatnya, muncullah isu AS akan kekurangan engineer pada tahun 2010.  Lha, 2010 kan bentar lagi ya?

 

Sumber: Bapak Dradjat Irianto, Dosen Teknik Industri ITB (cerita dari Pak Dradjat pas kuliah Probstat Kamis, 12 November 2009).

2 Responses so far »

  1. 1

    2010 – kita belum lulus atuh

  2. 2

    Mira said,

    yg bilang kt uda lulus saha atuh?

    btw,nuhun bgt ya bed
    albed jago!


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: