Selangkah Mengenal Teknik Industri Lebih Dekat


Kebanyakan orang mengatakan bahwa Teknik Industri adalah jurusan gado-gado. Di ITB sendiri, Teknik Industri dianggap sebagai program studi yang tidak jelas.  Hal tersebut diakibatkan produk yang dihasilkan tidak dengan mudah untuk dibayangkan.  Selain itu, karena Teknik Industri mempelajari berbagai aspek ilmu, maka tidak heran bila disebut gado-gado.  Akan tetapi, bukan berarti keilmuan Teknik Industri tidak jelas, karena ilmu yang dipelajari di TI tetap berakar pada keilmuan teknik, yaitu desain.  Namun, benda yang dirancang bukanlah benda nyata seperti mobil, gedung, dan sebagainya, melainkan suatu sistem terintegrasi yang terdiri dari mesin, material, energi, informasi, dan manusia.

Seorang sarjana Teknik Industri mempunyai prospek kerja yang cukup luas.  Namun, seorang sarjana Teknik Industri yang lulus dengan predikat cum laude tentunya akan  lebih berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan yang bonafit. Beberapa prospek kerja sarjana TI di antaranya :

  1. Bidang Produksi/ operasi dan penjaminan mutu

Lulusan TI dibutuhkan untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas.  Hal ini dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan, khususnya perusahaan manufaktur, seperti PT Rekayasa Indonesia, Toyota Astra Motor, PT Krakatau Steel, dan lain-lain.

Kolaborasi : Di bidang ini sarjana TI akan berkolaborasi dengan berbagai sarjana dari keilmuan lainnya, di antaranya Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Material, Teknik Metalurgi, Teknik Fisika, Desain Produk, dan sebagainya.

  1. Bidang pemasaran

Dalam bidang ini, lulusan TI berperan sebagai market research, technical sales, dan lain-lain. Contohnya di perusahaan P&G, Unilever, Nestle, Astra, dan lain-lain.

Kolaborasi : Teknik Kimia, Farmasi, Akuntansi, dan lain-lain.

  1. Bidang konsultasi manajemen

Untuk menjadi konsultan di perusahaan asing semacam Boston Consulting Group, IPK cum laude memang menjadi salah satu syarat penting.  Di samping itu, terdapat beberapa perusahaan lainnya, seperti Accenture dan Nielsen Company.

Kolaborasi : Manajemen, Komunikasi, Hukum, dan lain-lain.

  1. Bidang Keuangan (bank dan asuransi)

Misalnya BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, dan sebagainya.

Kolaborasi : Akuntansi, Ekonomi Manajemen, dan lain-lain.

  1. Bidang Sistem Informasi

Banyak alumni TI yang membuka usaha di bidang software house.  Selain itu, lulusan TI juga menduduki posisi staf IT, staf dalam pemasangan sistem informasi.  Perusahaan yang membutuhkan lulusan TI misalnya : SAP Indonesia, Oracle Telkomsel, Pertamina, P&G, dan lain-lain.

Kolaborasi : Teknik Informatika, Sistem Teknologi Informasi, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Perminyakan, Matematika, Teknik Telekomunikasi, Komunikasi, Teknik Mesin, Teknik Fisika, dan lain-lain.

  1. Bidang Logistik

Contoh perusahaan yang menerima lulusan TI adalah P&G, PT Semen Gresik, dan lain-lain.

Kolaborasi : Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Material, Kimia, Biologi, Fisika, dan lain-lain.

  1. Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia

Lulusan TI yang bekerja di bidang ini misalnya di PT Semen Padang, P&G, dan lain-lain.

Kolaborasi : Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Material, Kimia, Biologi, Fisika, dan lain-lain.

Sumber :  Mengenal Strategi Masuk dan Program Studi ITB

Dalam rangka ngerjain tugas PKN Kelas Pak Humaryono

15 Responses so far »

  1. 1

    Bambang said,

    emng disuruh buat ginian mir ?

  2. 3

    Heri said,

    Salam kenal…..

    Bahasan yang cukup bagus, jelas. Tapi sebenernya masih rancu dengan kolaborasi : Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Fisika, n bla…. bla… bla….

    Maksudnya apa ya?

    Btw saya seorang mahasiswa teknik kimia. Pada awalnya bingung beda Teknik Kimia dengan Teknik Industri tu apa, soalnya kemaren ada adek tingkat yang nanya ma saya. Tapi pas selesai baca postingan mu ternyata ga jauh beda antara teknik kimia dan teknik industri. Bedanya dikit teknik industri lebih mengambil peran sebagai pengambil kebijakan disuatu perusahaan. Bener ga?

    Nie saya tinggalin juga alamat blog saya siapa tau kita bisa tukeran link. Cos Im new blogger…>_<

  3. 4

    miraayuningtyas said,

    salam kenal jg bwt heri

    saya memang nggak jelasin lebih detail bntuk kolaborasinya krn bakalan panjang-lebar bgt tuh,hhe… dan sy sndiri jg nggak tahu scra detailnya gmna

    untuk bntuk kolaborasi mgkn sy ngambil contoh dr kasus perminyakan aja ya…
    untuk nentuin di suatu titik ada minyak bumi atau nggak itu diperluin anak Teknik Geologi, yang mengusahakan untuk mengeksplor minyak bumi tersebut nantinya anak-anak dr Teknik Perminyakan, nah setahu saya selanjutnya yg bakal mengolah minyak bumi jd bensin dll itu adalah anak Teknik Kimia, yang ngurusin instrumentasi mesin pabrik dll nya itu tanggung jawab anak elektro dan teknik fisika, sementara kalo anak ti fungsinya mengintegrasikan semua elemen, mulai dari manusia, mesin, material, dan energi supaya terwujud optimasi dan efisiensi.

    hmm…sbnernya lumayan beda banget lho antara tekkim sma ti, kalo anak ti juga banyak belajar dr segi sosial dan human nya, dan setahu saya nggak banyak jur teknik yang msh belajar mendalam mengenai bidang sosial. Jurusan lain yg saya tahu bljr sosial juga itu planologi.
    anak tekkim dituntut untuk bisa merancang suatu pabrik kimia kan, nah kalo anak ti sndiri fungsinya lebih kepada pengintegrator dr semua elemen yang ada.

    pelajaran yg dipelajari jg beda lho. Anak tekkim balajarnya termodinamika sampe kenyang kan, kalo TI belajarnya macem-macem, mulai dari ilmu ekonomi, psikologi, proses manufaktur, statistika, elektronika induetri

    • 5

      ady said,

      Saya Cuku Mengerti Tentang Bahasan Kamu, Oh Yah Saya Suka Sekali Dengan Fakultas TI, Tapi Lebih Suka LAgi Pacaran Dengan Kamu Boleh Ngga Kita Tukeran No. Hanpone…?

  4. 6

    artikel yang menarik, terima kasih atas info dan ilmunya.

    Himpunan Mahasiswa Teknik Material FTI – ITS

    http://silver-parade.blogspot.com/
    http://jurnalistikhmmt.blogspot.com/2010/01/g-30-s-pkm.html

  5. 7

    Anonymous said,

    Kalo ti sama teknik mesin kelebihan nd kkuranganya apa?

    Aku bngung milih jursan mau kuliah.

  6. 8

    Anonymous said,

    Kalo ti sama teknik mesin kelebihan nd kkuranganya apa?

    Aku bngung milih jursan buat kuliah.

  7. 9

    Nury said,

    Biasa.a kalau mengambil jurusan itu harus pintar dalam mata pelajaran apa saja???

    Jurusan TI itu berat g’ soal.a kata ka2k kelas q yg mengambil jurusan itu bilang cukup berat soal.a mempelajari bermacam2 pelajaran.

    Terimakasih

    tolong d jawab ea
    soal.a q bingun mau mengambil jurusan apa.

  8. 10

    Chintia said,

    kakak trimakasi atas infonya🙂 aku maba TI dan aku tidak terlalu mengerti perbedaan antara TI dan jurusan teknik lainya, tapi di karenakan info dari kakak aku sedikit mengerti🙂

  9. 11

    Anonymous said,

    artikelnya mirip sama artikel di website itb ya mbak

  10. 12

    PUTRA said,

    Dear mira.. mau dunx saya di ajarkan tentang mesin industri juga pungsi dan harus menggunakan pelumas seperti apa? plz sent to my email purnama.lili@gmail.com tx

  11. 13

    Anonymous said,

    Dear Mira..
    sya adalh mahasiswa teknik industri di salah satu ptn sumatra utara.
    bgi sy byk skali ilmu yg sy dpt d ti krn sgala bidang d plajari n pluang krjanya k dpan pun menjamin.

  12. 14

    Cahayaulung said,

    makasih kak, mau tanya klo jurusan TI yang bagus setelah ITB itu mana ya. mksih infonya

  13. 15

    andry said,

    Iya, TI itu jurusan yg lengkap kawan, insya Allah


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: