Perkedel Tahu aLa Si Mira (Murmer dan Praktis)


Buat anak kosan, resep yang satu ini cocok untuk dicoba.  Tanya kenapa? Selain harganya yang sangat terjangkau di kantong, cara masaknya pun sangat praktis.

Bahan :

– Tahu (terserah mau tahu putih/kuning, kalo tahu kecil sekitar 3 biji, kalo tahunya gede cukup 2 biji aja)

– Telur (1-2 butir, menyesuaikan banyaknya tahu)

– 1-2 siung bawang merah

– Daun bawang

– Garam

**Bahan intinya sih cuma itu aja, tapi kalau ternyata punya kelebihan bahan-bahan lainnya yang dirasa enak untuk dicampurkan, sok dicampur, misalnya ada kornet.  Terus kalo misalnya ada merica, juga bisa ditambahin.

Cara memasak :

1. Potong tahu menjadi bentuk dadu kecil, kemudian haluskan.  Cara ngehalusinnya cukup dengan meletakkan tahu di dalam mangkok, kemudian dengan menggunakan sendok , penyet-penyet adonan tahu untuk menghaluskan.  Tidak terlalu halus juga gapapa, tergangtung selera masing-masing.

2. Cincang bawang merah, kemudian iris-iris daun bawang. Lalu tambahkan bawang yang telah dicincang dan irisan daun bawang ke dalam adonan tahu.

3. Tambahkan telur 1-2 butir ke dalam adonan tahu.  Lalu aduk hingga merata.  Jangan lupa tambahin sedikit garam.  Kalo ada merica/lada bisa ditambahin juga.  Kalo ada kornet, bisa dicampurin juga.  Pengen agak pedes, bisa ditambahin irisan cabe merah yang diiris tipis-tipis.

4.  Panasin minyak goreng di wajan atau teflon.  Terus goreng deh perkedel tahunya.  Cara nggorengnya biar agak bagusan, adonan perkedelnya dicetak dulu pake dua sendok makan yang ditangkupkan satu sama lain (bahasa mudahnya : adonannya dijepit pake dua buah sendok makan), tapi kalo nggak mau juga nggak papa.  Kalo bisa minyaknya jangan terlalu panas, soalnya kalo minyaknya terlalu panas, adonannya bisa langsung buyar begitu dicemplungin ke minyak.


Selamat mencoba! ^^

5 Responses so far »

  1. 1

    Boleh dicoba nih. Tapi gak punya kompor. Ga bisa masak jua.
    Buatin mir, kirim ke sekre, he.
    Daripad beli di luar.

    Btw tahu lumat = perkedel ??
    Murmer apaan ya..

  2. 2

    Ra said,

    wew, mira masak… =,=”

    haha
    ga ding… (^,^’)v

  3. 3

    miraayuningtyas said,

    @ albed : ya kapan2 nanti kalo sy ada waktu n ngga males, sy nyoba bikinin bwt temen2 ubala, hhe, tp entah kpn
    kentang dihalusin bs jd perkedel, jagung dihalusin bs jd perkedel, knpa tahu dihalusin ngga boleh jd perkedel? :p

    @varah : bisa, lho, var, meski entah hasilnya gmana,hehee

  4. 4

    Bambang said,

    wah sayang sy nggak terlalu suka tahu mir.. kalo dganti tempe bsa gk tuh ?

  5. 5

    miraayuningtyas said,

    oiya? bisa aja sih bang, tapi paling lebih sulit untuk ngehalusin tempe dibanding tahu. Enaknya ngehalusin tempe pake blender,bang.
    Saya juga pernah nyoba, dan kalo menurut saya hasilnya lebih enak yg tahu.

    Tapi, kayaknya menarik tuh tempe diblender, terus digoreng pake tepung, ada kremesnya jd kaya fried chicken… Atau dibikin jd steak tempe.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: