Risoles Cinta (Geleuh Pisan Judulnya)


Jujur baca Judul Resep ini pasti geleuh pisan.  Hehe, saya yang nulis aja geleuh, apalagi orang yang baca.

Tapi, nama resep yang satu ini memang begitulah adanya.  Resep ini resep warisan turun-temurun di kosan saya dan akhirnya berhenti/ mandek di saya karena saya nggak nerusin resep ini.  Resep ini berawal dari teh Lia, yang saya sendiri nggak tahu orangnya yang mana.  Katanya si teh Lia ini diajarin sama ibu pacarnya.  Terus resep ini diturunin ke teteh-teteh kosan lainnya, yaitu teh Mona dan teh Rani.  Terus Teh Mona ngewarisinnya lagi ke Teh Zahra.  Dan Teh Zahra ngewarisin lagi ke saya.  Dan sekarang resepnya terhenti di saya.  Dan saya belum pernah mempraktikkannya sendiri.

Kenapa disebut risoles cinta? Karena si teteh-teteh di kosan saya ini ternyata cuma bikin risoles ini buat pacarnya doang.  Heuheu…  Kesannya ko risolesnya keramat amat yaa…

Yang bikin risoles ini beda adalah risoles ini dibuatnya dengan penuh cinta.  Halah, bukan-bukan.  Yang membuat risoles ini beda adalah isi di dalem risoles itu sendiri.  Yak kalo saya bilang isinya gahul yaa…  Elitlah, nggak kaya risoles biasa yang isinya sayur-sayuran.  Risoles ini ‘Bule’ banget menurut saya.  Penasaran kan… Sok praktekin aja resep berikut!

Bahan :

Tepung Terigu

Telur

Garam

Mentega

Tepung Panir

Daging Asap

Keju

Mayonaise

Cara memasak :

“Kok nggak ada takarannya Mira?” –> Waduh, punten, waktu itu saya cuma jadi asistennya Teh Zahra, jadi lupa-lupa inget.

1.  Untuk membuat Kulit Risolesnya

– Kocok telur, tambahkan tepung terigu, dan juga garam secukupnya.  Aduk adonan hingga merata.

– Panaskan mentega di atas teflon. Kemudian dadar adonan di atas teflon.  Bentuknya usahakan sebundar mungkin ya biar bagus, dan usahakan setipis mungkin.  Tips : Gunakan centong sayur ukuran medium buat menakar adonan yang mau didadar.  satu dadar sekitar satu centong.

2.  Untuk membuat isi Risolesnya

– Rebus telur beberapa butir, sesuaikan sama banyak risoles yang mau dibuat

– Iris-iris telur yang telah direbus

– Parut Keju

– Potong daging asap membentuk kotak-kotak atau segitiga (sesuai selera), kemudian ditumis

3.  Merakit Risoles (kayak pesawat aja dirakit-rakit segala,hehe)

– Ambil lembaran kulit risoles yang telah dibuat

– isi lembaran risoles dengan irisan telur rebus, daging asap, keju parut, dan jangan lupa tambahkan mayones biar makin yahud.

– Tutup lembaran seperti melipat amplop.  Kemudian gunakan putih telur untuk merekatkan risoles.

-Kemudian celupkan risoles ke dalam telur, tiriskan, kemudian celupkan risoles ke dalam tepung panir.  Balurkan tepung panir secara merata pada risoles dengan cara menggelindingkan risoles di atas tepung panir.

– Panaskan minyak, kemudian goreng risoles hingga berwarna keemasan.  Dan risoles pun siap disantap.

Rasanya enak banget, yaiyalah pake keju dan mayonaise segala.  Maaf ya belum tahu pasti takarannya dan nggak dilengkapin gambar cara pembuatannya.  Soalnya saya juga belum praktek,hehe..  Yah mungkin nunggu 2- 5 tahun lagi baru saya praktekin. Hehehe….

1 Response so far »

  1. 1

    iuz said,

    anjink gag ada krjaan lo smua


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: