Shoya Tomizawa


Sehari sebelum lebaran kemarin, di dalam mobil dalam perjalanan menuju rumah Mbah Dah, si adek yang lagi nyetir memulai pembicaraan dengan cerita mengenai tragedi moto gp yang baru saja terjadi.  Waktu di Bandung saya memang jarang nonton tv dan pas di Pekalongan yang ditonton juga cuma kartun2 melulu.  Tragedi moto2 itu menewaskan seorang rider Jepang yang bernama Shoya Tomizawa.  Si adek bilang kalo Tomizawa terjatuh dari motornya dan kemudian terlindas dua kali oleh rider di belakangnya, yaitu Scot Redding dan Alex de Angelis. Saya pun langsung meringis miris, sekelebat rasa nyeri dan ngeri menjalar di dalam hati.

Lalu saya bertanya ke si adek, “Terus gimana keadaannya?”

Si adek menjawab, “Adek sama papa googling, akhirnya si Tomizwa nya meninggal.”

Saya terdiam, berpikir.  Bagaimana rasanya dilindas dua motor besar dengan kecepatan yang sangat tinggi.  Lagi-lagi rasa ngilu menjalar.

“Serem banget mbak, pas kelindes keliatannya seolah-olah badannya Tomizwa udah nggak bertulang. Jaketnya sobek,” adek saya kembali berkomentar.

Nyerr… saya merasa semakin ngilu.

Ketika kembali ke Bandung, saya mencoba browsing2 dan mencari video kecelakaan Tomizawa.  Mengenaskan memang.  Shoya Tomizawa ternyata masih sangat muda, usianya belum genap 20 tahun.  Ia lahir pada 10 Desember 1990.

shoya tomizawa Shoya Tomizawa Tumbal Moto2

Dok. http://www.motogp-mania.com

Kemudian ayah saya angkat bicara, “Yang namanya pekerjaan semacam pembalap, resikonya ya kematian di setiap pertandingannya.”

Hmm… setiap profesi punya tantangan dan resikonya masing-masing memang.  Buat orang-orang tertentu, mungkin apa sih bagusnya balapan, nggak ada bagus-bagusnya.  Bahaya iya.  Gajinya memang gede, tapi resikonya juga nggak kalah gede.  Tapi, itulah hidup.  Bagi para pembalap mungkin saat berada di atas motornya dan menelusuri sirkuit dengan secepat mungkin, ia benar-benar merasakan hidup.  Ia menemukan jiwanya.  Ia menemukan passion-nya.

The last words from me, RIP Shoya Tomizwa.

Leave a Reply

